Pengisi Suara Doraemon Pertama di Jepang Wafat

Siapa sih yang tak kenal dengan film kartun Doraemon? Film yang seringkali menemani pagi hari kita sebelum berangkat ke sekolah ini memang sangat menyenangkan dan rasanya kurang jika tidak ditonton sebelum ke sekolah.

Doraemon adalah judul sebuah manga dan anime yang sangat populer yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio sejak 1 Juni 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD bernama Nobita Nobi yang didatangi oleh Doraemon.

Doraemon sendiri merupakan sebuah robot kucing yang berasal dari masa depan. Ia merupakan teman baik Nobita dan selalu membantu Nobita. Karakter Doraemon memiliki suara yang unik dan khas. Anak-anak juga suka mendengarnya.

Kucing ini datang untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita bisa menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari hutang finansial yang akan terjad pada masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik.

Dalam kehidupan aslinya, tanpa dibantu Doraemon, Nobita sering gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam pekerjaan, dan memiliki masalah keuangan.

Cerita ini berfokus pada kehidupan sehari-hari Nobita yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantong ajaib yang berisi alat-alat ajaib dari masa depan.

Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya. Setelah menonton atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekedar pamer ke teman-temannya.

Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon dan akhirnya terjerumus ke masalah yang lebih dalam.

Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo dan Giant) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

Serial komik Doraemon ini pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 1969 di enam majalan berbeda. Sebanyak 1.345 cerita dibuat dalam rangkaian aslinya, yang diterbitkan oleh Shogakukan dalam naungan merek komik Tentōmushi, yang diperluas hingga empat puluh lima jilid.

Belakangan ini, ada kabar duka yang menima para pecinta Doraemon. Apa itu?

Pengisi Suara Doraemon Pertama Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia animasi. Pengisi suara pertama Doraemon di Jepang, Tomita Kosei, meninggal dunia di usianya yang ke 84 tahun.

Kosei menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan stroke yang diidapnya. Informasi meninggalnya Kosei tersebut dikonfirmasi agensinya, Production Baobab.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang terdalam kepada Anda atas semua kebaikan,” tulis Production Baobab.

Kosei tercatat mengisi suara Doraemon selama 13 episode perdana serial anime yang hits di era 90-an itu. Setelah itu, suara robot kucing tersebut digantikan oleh Masako Nozawa.

Selain Doraemon, Kosei juga mengisi suara di Doctor Watson dari seri Sherlock Hound, Jirokichi Suzuki dari seri Detective Conan, dan Shunsaku Ban dalam karya Osamu Tezuka.

Sebelumnya, pada bulan Juli lalu, Nurhasanah Iskandar, pengisi suara Doraemon asal Indonesia juga meninggal dunia akibat serangan stroke.

Nurhasanah sudah mengisi Doraemon sejak tahun 1993 dan baru beristirahat dari dunia dubbing pada 2016.

Wah. Kabar ini pasti sangat mengagetkan dan sangat mematahkan hati para penggemar Doraemon. Karena, suara Doraemon yang khas itulah yang membuat masa kecil para penggemarnya senang. Semoga para pengisi suara Doraemon yang telah meninggal bisa bahagia di sana ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.